Kamis, 10 Januari 2013

CONTOH KASUS MENGENAI MASALAH SOSIAL


          Masalah sosial memang banyak kita temui dewasa ini, bahkan sejak dulu kasus ini tidak pernah selesai dan malah berdampak dan mempengaruhi ke aspek-aspek lainnya. sebagai contoh disini saya akan membahas salah satu contoh masalah sosial yang dapat kita temui di dalam masayarakat kita, yaiyu pengangguran saat ini di Indonesia sendiri jumlah pengangguran kita adalah 9,25 juta, dan jumlah nya 60% tertinggi di Asean, ini merupakan fakta terkini di awal 2011. yah memang, dengan jumlah yang sebegitu besar pasti akan mempengaruhi pergerakan negara, dan perkembangan negara. dan itu akan menjadi masalah sosial yang susah untuk diselesaikan.
Sebelumnya kita lihat dulu faktor-faktor apa saja yang membuat pengangguran begitu besar di Indonesia, seperti kita tahu ini memang turun-temurun dalam arti dan contoh kalau orang tua mereka bekerja maka anak akan memiliki pendidikan yang tinggi sampai mempunyai ilmu dan skill untuk bekerja, nah sebaliknya sekarang ini banyak orang yang sudah pengangguran dan tidak bisa membiayai anak mereka untuk bersekolah maka anak mereka tidak mempunyai ilmu dan skill sehingga anak mereka pun akan menjadi pengangguran nantinya. jadi faktor yang utama adalah pendidikan, masyarakat kita masih banyak yang menduakan persoalan ini, mereka lebih mementingkan urusan perut dan ketimbang menyekolahi anak mereka, biasanya ini ada di kalangan menengah ke bawah. jadi mereka tidak memikirkan jangka panjang untuk nasib mereka ke depan, tetapi mereka hanya memikirkan nasib mereka hari ini saja. nah dampak dari pengangguran bisa sangat buruk sekali di lingkungan, seperti, karena mereka tidak mempunyai pekerjaan sedangkan mempunyai anak yang membutuhkan makan dan susu maka tindak kejahatan pun akan dekat dengan mereka, mereka akan menggunakan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan mereka, akhirnya bisa saja mereka mencuri,menodong, merampok dan tindak kejahatan lainnya yang merugika orang lain. itu cuma karena penganguran saja.
Nah, jalan keluar dari permasalahan ini adalah kita harus masuk kedalam, jadi maksudnya jika memang Indonesia tidak menginginkan pengangguran yang berdampak banyak ke dalam segala aspek, maka kita harus mulai mewujudkannya, seperti pemerintah lakukan pembebasan sekolah,karena dengan sikap ini akan berdampak jangka panjang, anak-anak yang bersekolah itu dimasa depan akan memajukkan negara juga dan tidak akan menjadi penganuran karena mempunyai cukup ilmu dan skill untuk terjun bermasyarkat. jadi mumpung sekarang mempuyai kebutuhan yang lebih penting untuk apa membuat kolam berenang yang menghabiskan miliaran bahkan triliunan hanya untuk mengentartaining mereka para wakil rakyat yang tidak memenuhi hak rakyat.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More